Peningkatan Peranan Sistem Informasi Akuntansi
E-BUSINESS
Dengan menggunakan E-Business, kita melakukan transaksi secara online. Menggunakan E-Business lebih efektif dan efisien, yaitu menghemat waktu dan tidak perlu mengeluarkan kertas.
E –Business merujuk pada seluruh penggunaan tingkat lanjut dalam tekhnologi khusus tekhnologi jaringan dan komunikasi, untuk meningkatkan cara organisasi melakukan seluruh proses bisnisnya.
E-Business untuk mendesain kembali proses internal dan tidak memberikan keunggulan komperatif.
E –Busniess bukan hanya merupan interaksi eksternal organisasi dengan : para pemasok, pelanggan, investor, kreditor, pemerintah, dan media massa.
Model model E-Business
B2C ( Business To Cunsumen ) adalah interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara individu dan organisasi.
B2B ( Business To Business ) adalah interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi dengan organisasi lainnya.
Perbedaan B2C dan B2B sbb :
B2C interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara individu dan organisasi, nilai uang yang dilibatkan kecil, transaksi tidak sering terjadi, bersifat sederhana. Sedangkan B2B interaksi yang dimungkinkan oleh tekhnologi antara organisasi , nilai yang dilibatkan besar, lebih kompleks
E – COMERCE
E – Comerce adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan. Bentuk perdagangan elektronik yang paling mudah ditemui adalah toko online. Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan baik kepada perusahaan maupun konsumen.
Keuntungan yang diperoleh bagi perusahaan antara lain :
Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Perusahaan tidak perlu membuka cabang distribusi
Mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko besar ataupun pegawai yang banyak.
Keuntungan yang diperoleh bagi konsumen antara lain:
Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang. Cukup mengakses internet dan memesan barang, maka bbarang pesanan akan diantar kerumah.
Pembeli dapat menghemat biaya transportasi dan waktu
Mempunyai lebih banyak pilihan karena dapat membandingkan semua produk yang ada di internet.
KELEBIHAN dan KELEMAHAN E-BUSINESS DAN E- COMMERCE
Kelebihan E-Business :
Revenue stream ( aliran pendapatan ) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa ditemukan di sistem transaksi tradisional.
Menurunkan biaya operasional.
Melebarkan jangkauan.
Meningkatkan Value chain (mata rantai pendapatan ).
Memperpendek waktu produksi.
Kelemahan E- Business :
Pencurian informasi rahasia yang beharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak pihak yang tidak berhak dan dapat mngakibatkan krugian yang besar bagi sikorban.
Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis.
Kehilangan kepercayaan dari pada konsumen.
Kelebihan E – Commerce :
Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung.
Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen ke konsumen.
Mengurangi waktu menunggu ( Idlee time ) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih cepat.
Kelemahan E – Commerce:
Menggunakan internet yang tidak mungkin di akses diseluruh kota khususnya daerah pedalaman.
Penjelasan mengenai item hanya sedikit hanya meliputi dasar dasar item tersebut.
Tampilan webnya sangat monoton.
Barang yang dijual tidak ditampilkan seluruhnya.
Perbedaan LAN, MAN, dan WAN
LAN ( Local Area Network ) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil , seperti jaringan computer kampus, gedung, kantor dalam rumah sekolah atau lebih kecil.
MAN ( Metropolitan Area Network ) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transport data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintah dan sebagainya.
WAN ( Wide Area Network ) adalah merupakan jaringan computer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan computer antar wilayah kota atau bahkan Negara.
KELEBIHAN dan KELEMAHAN LAN, MAN serta WAN
Kelebihan LAN :
Keamanan lebih terjamin karena IP local hanya terhubung sebatas switch kemudian router.
Dapat melakukan penggunaan sumber daya secara bersama sama.
Tidak banyak penggunaan kabel.
Sistem yang terhubung keterminal lebih banyak .
User intarfarcel yang digunakan adalah fasilitas yang baku.
Kekurangan LAN :
Jika banyak PC yang terhubung jaringan LAN, akan melambat .
Sitemnya menggunakan satu jaringan maka masih ada kemungkinan jaringan bisa dir etas.
Jika salah satu PC yang terhubung terkena virus maka PC yang tersambung dengan LAN tersebut juga akan terkena virus.
Software harus dirancang untuk multi user.
LAN begitu lambat dispeed modem.
Kelebihan MAN :
Server kantor pusat dapat berfungsi sebagai pusat data kantor cabang.
Informasi dapat disebarkan lebih meluas dan cepat.
Transaksi yang real time .
Komunikasi antar kantor bisa menggunakan email dan chating.
Kelemahan MAN :
Biaya operasional mahal.
Installasi strukturnya tidak mudah.
Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal, memindahkan file membolehkan pengguna untuk mengambil file dari host atau mengirimnya ke host.
Rumit jika terjadi masalah pada jaringan ( trouble network )
Kelebihan WAN :
Dapat berbagi software dan resources dengan koneksi workstations .
Bisa diakses dengan jangkauan geografis yang luas.
Berbagi informasi / file melalui area yang lebih cepat.
Pesan dapat dikrim dengan cepat kepada orang lain pada jaringan ini.
Kelemahan WAN :
Biaya operasional yang mahal dan umumnya lambat .
Rentan terhadap peretas atau ancaman dari luar.
Memerlukan firewall yang baik untuk membatasi pengguna luar yang masuk ke jaringan.
Informasi tidak dapat memenuhi kebutuhan lokal / kepentingan.
PENGENDALIAN DAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Ancaman – ancaman SIA :
Kehancuran karena bencana alam dan politik, seperti kebakaran atau panas berlebihan,banjir, gempa bumi, badai angin.
Kesalahan pada software, dan tidak berfungsinya peralatan.
Tindakan yang tidak disengaja.
Tindakan disengaja.
Mengapa ancaman ancaman SIA meningkat ?
Peningkatan jumlah sistem klien / server .
Oleh karena LAN dan sistem klien / server mendistribusikan data ke banyak pemakai, mereka lebih sulit dikendalikan dari pada sistem komputer utama yang terpusat.
WAN memberikan pelanggan dan pemasok akses ke sistem dan data mereka satu sama lain, yang menimbulkan kekhawatiran dalam hal kerahasiaan
Pengendalian internal adalah rencana organisasi dan metode bisnis yang di pergunakan untuk menjaga aset, memberikan informasi yang akurat dan handal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar