Senin, 07 November 2016

Materi SIA 1



Sistem Informasi Akuntansi
Tinjauan Sekilas
APAKAH SIA ITU?
         Sistem adalah rangkaian dari dua atau lebih komponen-komponen yang saling berhubungan, yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
         Sistem hampir selalu terdiri dari beberapa subsistem kecil, yang masing-masing melakukan fungsi khusus yang penting untuk dan mendukung bagi sistem yang lebih besar.
         SIA adalah sekumpulan sumber daya, seperti manusia dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah data keuangan dan data lainnya menjadi informasi.
         SIA terdiri dari lima komponen:
Orang-orang, Prosedur-prosedur, Data, Software (perangkat lunak), Infrastruktur teknologi informasi.
         Kelima komponen ini secara bersama-sama memungkinkan suatu SIA memenuhi tiga fungsi pentingnya dalam organisasi, yaitu:
1        Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas dan transaksi-transaksi yang dilaksanakan oleh organisasi.
2        Mengubah data menjadi informasi yang berguna bagi pihak manajemen untuk membuat keputusan dalam aktivitas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan.
3        Menyediakan pengendalian yang memadai untuk menjaga harta organisasi.
MENGAPA MEMPELAJARI SIA ?
         Dalam Statement of Financial Accounting Concepts No. 2, The FASB mendefinisikan akuntansi sebagai  sistem informasi.
        Di dalam standar akuntansi keuangan tersebut juga disebutkan bahwa tujuan utama akuntansi adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi para pengambil keputusan. 
        Oleh sebab itu, bukanlah hal yang mengherankan apabila komisi perubahan pendidikan akuntansi (accounting education change commission) merekomendasikan bahwa kurikulum akuntansi harus menekankan bahwa akuntansi adalah suatu proses identifikasi, pengembangan, pengukuran, dan komunikasi informasi. Komisi tersebut menyarankan agar kurikulum akuntansi harus dirancang untuk memberi para mahasiswa sebuah pemahaman yang kuat atas tiga konsep dasar berikut:
        Pemakaian informasi di dalam pengambilan keputusan
        Sifat, perancangan, pemakaian, dan implementasi SIA
        Pelaporan informasi keuangan.
        Pemahaman cara sistem akuntansi bekerja:
        Bagaimana cara mengumpulkan data tentang aktivitas dan transaksi suatu organisasi;
        Bagaimana mengubah data tersebut menjadi informasi yang dapat digunakan pihak manajemen untuk menjalankan organisasi mereka;
        Dan bagaimana cara memastikan ketersediaan, keandalan, dan keakuratan informasi tersebut.
        Para auditor perlu memahami sistem-sistem yang digunakan untuk menghasilkan laporan keuangan perusahaan.
        Alternatif lainnya adalah anda mungkin ingin menspesialisasikan diri pada perpajakan. Jika demikian, Anda perlu memahami tentang SIA klien anda agar dapat percaya bahwa informasi yang digunakan untuk perencanaan dan pemenuhan syarat pajak sudah lengkap dan akurat.
        Salah satu jenis pelayanan konsultasi yang paling cepat berkembang berkaitan dengan perancangan, pemilihan, dan implementasi SIA yang baru.
        Sebuah penelitian (survey) yang dilakuakn oleh the Institute of Management Accountants (IMA) menunjukkan bahwa  pekerjaan yang berhubungan dengan sistem akuntansi adalah suatu aktivitas paling penting yang dijalankan oleh para akuntan perusahaan.
Teknologi informasi dan strategi perusahaan Penelitian
 (Survey) yang sama yang dilakukan the Institute of Management Accountants (IMA) Juga menunjukkan bahwa aktivitas pekerjaan paling penting kedua yang dijalankan oleh para akuntan perusahaan adalah perencanaan strategis jangka panjang.
Perancangan Certified Information Technology Professional
         CITP: certified information technology professional
         CITP mengidentifikasi para CPA yang memiliki pengetahuan luas dalam bidang teknologi dan yang memahami bagaimana teknologi informasi dapat digunakan dalam berbagai organisasi untuk mencapai tujuan bisnis mereka.
         Spesialisasi baru CITP ini mencerminkan pengakuan AICPA atas pentingnya teknologi informasi dan hubungannya dengan akuntansi.
Sepuluh kegiatan kerja yang paling penting yang dilakukan oleh para Akuntan.
Sistem akuntansi dan pelaporan keuangan
2.         Perencanaan strategis jangka panjang
3.         Mengelola fungsi akuntansi dan keuangan
4.         Konsultasi internal
5.         Anggaran jangka pendek
6. Analisis keuangan dan ekonomi
7.         Perbaikan proses
8.         Sistem dan operasional
9.         Evaluasi kinerja (dari organisasi)
10.Analisis pelanggan dan profitabilitas produk
Faktor-faktor yang mempengaruhi perancangan SIA





PERAN SIA DALAM RANTAI NILAI (Value Chain)
·        Kebanyakan organisasi bertujuan menyediakan nilai untuk pelanggan mereka.
·        Sebuah organisasi akan menguntungkan jika nilai yang dihasilkan lebih besar dari biaya produksi atau jasa.
·        Rantai nilai organisasi terdiri dari lima aktivitas utama (primary activities) yang secara langsung memberikan nilai kepada para pelanggannya, yaitu:
Rantai Nilai (Value Chain)

Aktivitas Utama
RANTAI NILAI(value chain)
         Empat aktivitas pendukung dalam rantai nilai yang memungkinkan kelima aktivitas utama tersebut dilaksanakan secara efisien dan efektif.






Aktivitas Pendukung



Sistem Nilai (Value System)
         Konsep rantai nilai dapat diperluas dengan mengakui bahwa organisasi harus berinteraksi dengan para pemasok, distributor, dan pelanggan.
         Rantai nilai perusahaan dan rantai nilai para pemasok, distributor, dan pelanggannya bersama-sama membentuk sistem




Bagaimana SIA Dapat Menambah Nilai Bagi Organisasi
·        SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu, agar kelima aktivitas utama rantai nilai dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien.
 
       SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara :
       Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa.
       Memperbaiki efisiensi.
       Memperbaiki pengambilan keputusan.
       Berbagi pengetahuan.
          SIA yang dirancang dengan baik juga dapat membantu meningkatkan laba organisasi dengan memperbaiki efisiensi dan efektifitas rantai persediaannya.

Data & Informasi serta 
Pengambilan Keputusan
         Apakah Informasi itu ?
         Istilah data mengarah pada fakta-fakta yang kita kumpulkan, simpan, dan proses dengan sistem informasi.
         Informasi adalah data yang telah diatur dan diproses untuk memberikan arti (pengambilan keputusan yang tepat).
 Kebutuhan data untuk setiap kegiatan.






Karakteristik informasi yang berguna


Data & Informasi serta 
Pengambilan Keputusan
         Apakah pengambilan keputusan itu ? Pengambilan keputusan melibatkan langkah-langkah sebagai berikut:
1.     Identifikasi masalah.
2.     Memilih metode untuk memecahkan masalah.
3.     Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk melaksanakan  model keputusan tersebut.
4.     Menginterpretasikan keluaran model tersebut.
5.     Mengevaluasi sisi positif dari tiap alternatif yang ada.
6.     Memilih dan melaksanakan solusi yang dipilihnya.
Keputusan dapat dikategorikan
berdasarkan sebagai berikut :
       Tingkat struktur yang ada
       Atau berdasarkan lingkupnya
Struktur Keputusan
         Keputusan terstruktur bersifat berulang-ulang, rutin, dan dipahami dengan baik hingga dapat didelegasikan kepada pegawai di tingkat lebih rendah dalam suatu organisasi.
         Sebagai contoh, Keputusan untuk memberikan kredit ke para pelanggan lama, hanya membutuhkan pengetahuan tentang batas kredit pelanggan dan saldo saat ini. Keputusan yang terstruktur sering kali dapat diotomatisasikan.
         Keputusan semi terstruktur  ditandai dengan peraturan-peraturan yang tidak lengkap untuk mengambil keputusan, dan adanya kebutuhan untuk membuat penilaian serta pertimbangan subyektif sebagai pelengkap analisis data yang formal. Sebagai contoh,Menetapkan anggaran pemasaran untuk suatu produk baru.
         Keputusan tidak terstruktur bukan merupakan keputusan yang berulang dan rutin.
         Contoh, memilih sampul depan sebuah majalah.
Ruang Lingkup Keputusan
         Berdasarkan pengaruhnya, terdapat bermacam-macam jenis ruang lingkup keputusan.
         Pengendalian Operasional berurusan dengan kinerja yang efektif dan efisien atas tugas tertentu.
         Pengendalian Manajemen berurusan dengan pemakaian yang efektif  dan efisien atas sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi.
         Perencanaan Strategis berurusan dengan penetapan tujuan organisasi dan kebijakan untuk mencapai tujuan tersebut. 
SIA Dan Strategi Korporat
         Perkembangan baru dalam teknologi informasi  cenderung kepada perancangan SIA.
         Apa tuntutan dasar yang dibutuhkan untuk menilai biaya dan manfaat dari pengembangan teknologi informasi yang baru ?
         Teknologi Informasi dan Strategi Perusahaan (bisnis)
 Memperkembangkan pengertian dasa dari……….
       strategi perusahaan.
       Bagaimana perkembangan teknologi informasi dapat digunakan alat untuk p
       engadaan strategi organisasi.
       Bagaimana perkembangan teknologi informasi dapat digunakan untuk menciptakan kesempatan untuk memodifikasi strategi yang ada.
         Karena fungsi SIA dalam sebuah organisasi, maka seharusnya dirancang untuk merefleksikan nilai dari budaya organisasi tersebut.

Strategi dan
 Posisi strategis
Dua Strategi dasar bisnis
1. Strategi biaya rendah
2. Strategi diferensiasi produk dan jasa
Tiga Posisi Strategi Dasar
1. Posisi strategis berdasar keanekaragaman
2. Posisi strategis berdasar kebutuhan
3. Posisi strategis berdasar akses
         SIA suatu organisasi memainkan peranan penting dalam membantu organisasi mengadopsi dan mempertahankan posisi strategis.
       Pengumpulan data tiap aktivitas
       Pengubahan data menjadi informasi yang dapat digunakan oleh manajemen untuk mengkoordinir (mengatur) aktivitas-aktivitasnya (pekerjaannya).
Apakah nilai informasi itu ?
         Nilai informasi adalah manfaat yang di dihasilkan oleh informasi setelah dikurangi biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan informasi tersebut.
Peran SIA?
         Internet menjadikan strategi lebih penting dari sebelumnya 
         Sistem Enterprise resource planning (ERP) dirancang untuk mengatasi masalah-masalah ini karena mereka mengintegrasikan seluruh aspek operasi perusahaan dengan SIA.
         Kunci utama dari fitur sistem ERP adalah integrasi data keuangan dan non keuangan operasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar